Cara Melatih Tanggung Jawab Anak yang Penting Dipahami Orang Tua

cara-melatih-tanggung-jawab-anak


Cara melatih tanggung jawab anak haruslah dipahami.Sebagai orang tua, tugas Anda membantu anak untuk mencapai tumbuh kembang yang optimal. Ini penting agar ia memiliki bekal berharga untuk melanjutkan kehidupanya.

Salah satu yang penting membekalinya dengan kemampuan untuk bertanggung jawab. Keterampilan ini akan memuluskan jalan anak meraih sukses, baik di sekolah maupun dikehidupanya.

Rasa kasihan terhadap anak sering membuat orang tua alpa mengajarkan anak untuk bertanggung jawab. Padahal,Anda tak selamanya menjadi problem Solved ( pemberi solusi ) bagi anak. Ia perlu belajar untuk membantu dirinya sendiri.

Dengan melakukan aktivitasnya secara teratur, anak akan merasa nyaman. Namun,ketika memasuki usia batita, anak umumnya memiliki keinginan terhadap diri sendiri. Nah,tugas Anda untuk mengarahkan agar ada keteraturan yang sangat disukai anak-anak.

Melalui keteraturan atau disiplin yang dibentuk oleh orang tua itulah,menurut dra. Risa Kolopaking Msi,anak berkenalan dengan tanggung jawab.

Bentuk tanggung jawab anak memang masih terbatas pada tanggung jawab terhadap diri sendiri,perbuatan dan pekerjaanya. Anak harus mengerti bagian yang harus dikerjakanya sampai selesai. Serta mengetahui konsekuensi atas perbuatanya.

Setelah itu,memasuki usia praremaja,baru dikembangkan tanggung jawab kepada keluarga,teman,lalu masyarakat.Tanggung jawab perlu dipupuk sejak dini. Jika tidak,nanti anak akan merasa terbebani,oleh sebab itu ajarkan setahap demi setahap.

Cara Melatih Tanggung Jawab Anak

cara melatih tanggung jawab anak

1. Sesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan otak anak. Anak usia 18 sudah bisa memegang gelas bertangkai dua,meminum isinya lalu meletakkan di meja tanpa dibanting atau jatuh .

2. Pada usia 1-3 tahun, anak sudah menunjukkan kemampuan untuk mengurus diri sendiri. Ia bisa memakai baju atau sepatu sendiri. 

3. Ciptakan pembiasaan tanggung jawab terhadap diri sendiri. Lebih mudah dipelajari apabila dilakukan melalui pembiasaan. Caranya pun sebaiknya menyenangkan agar anak tertarik.

4. Cara melatih tanggung jawab anak berikutnya, dengan mengajari sopan santun sejak dini. Jika ingin minum,ia tidak boleh berteriak ketika meminta air atau susu. Ia harus berkata sopan agar keinginanya terpenuhi. Dengan cara ini,anak akan berpikir,pilihan atau keputusan yang ia ambil memiliki konsekuensi.Dan ia harus bertanggung jawab pilihanya tersebut.

5. Hindari memaksakan kehendak. Apabila anak menerima keputusan Anda,ia tidak harus bertanggung jawab terhadap keputusan tersebut.

6. Hindari untuk selalu menjadi problem solver anak .Misalnya anak tidak menata buku dan perlengkapan sekolah lainya. Daripada Anda sendiri yang selalu melakukanya,lebih baik anak diingatkan untuk mempersiapkanya sebelum ia pergi tidur.Biarkan anak yang meenanggung konsekuensinya.

7. Lebih baik memberikan contoh daripada sering member tahu anak.
Jangan biasakan anak tergantung pada pengasuh jika Anda memiliki pengasuh dirumah.

Tips Cara Melatih Tanggung Jawab Anak Terbaik


  • Pahami tahap perkembangan anak secara umum. Anda bisa memperoleh informasinya dari membaca buku,majalah,Koran atau internet.
  • Berikan perhatian kepada anak.Jangan terpengaruh dengan kondisi anak orang lain sehingga Anda membandingkan keduanya
  • Buatlah jadwal yang teratur. Sesuaikan jadwal aktivitas anak dengan jadwal Anda sehingga Anda berdua merasa nyaman.
  • Pantau kegiatan anak .Jadwal diatas jangan diabaikan.Jalankan secara konsisten.Gunakan juga cara yang menyenangkan dalam mendidik tanggung jawab.
Demikian cara melatih tanggung jawab anak yang bisa dilakukan. Dengan membisakannya maka ia akan semakin siap menghadapi masa depan. Semoga ulasan ini bisa menginspirasi dan bermanfaat. Jangan lupa share ya.

Comment (0)

Post a Comment